Segera dibuka Program Sarjana Terapan Program Studi Pengelolaan Perhotelan dan Prodi Pengelolaan Perkebunan Kopi
Berita

Segera dibuka Program Sarjana Terapan Program Studi Pengelolaan Perhotelan dan Prodi Pengelolaan Perkebunan Kopi

Polinela, Selasa (01/12/2020). Menindaklanjuti hasil pengembangan peran dan fungsi institusi pendidikan yang berguna bagi masyarakat, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) secara terus menerus berinovasi dan mengembangkan jaringan kerjasama. Bertempat di ruang kerja Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang (LLDikti), Yuliansyah, menerima kunjungan dari Polinela (30/11/2020).

Direktur, Sorono serta perwakilan dari Jurusan Ekonomi dan Bisnis dan Budidaya Tanaman Perkebunan menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian LLDikti  terhadap rencana pembukaan Program Studi (Prodi) baru di lingkup Polinela.

Polinela berencana membuka Program Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4) Prodi Pengelolaan Perhotelan di Jurusan Ekonomi dan Bisnis dan Prodi Pengelolaan Perkebunan Kopi di Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan.

Prodi Pengelolaan Perhotelan dipersiapkan untuk mencetak sarjana terapan yang ahli dan handal dalam bidangnya, sehingga siap pakai dan profesional di bidang perhotelan yang mampu memahami situasi industri baik secara nasional maupun internasional. Lulusan nantinya akan bergelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Prodi Pengelolaan Perkebunan Kopi dipersiapkan untuk memiliki Kompetensi yang handal. Kompetensi utama yaitu teknologi budidaya kopi, pengolahan hulu kopi, wirausahawan produk hulu sampai hilir kopi, manajerial, serta kompetensi sebagai barista yang  handal. Dengan kompetensi ini alumni memiliki peluang kerja sebagai asisten manager perkebunan kopi, jasa konsultansi bidang Agribisnis Kopi, marketing/field assistant manager dalam bidang jasa dan produk kopi, supervisor lapang industri pestisida, pupuk, bahan tanam dan agroindustri bidang perkebunan kopi, Barista dan wirausahawan produk hulu sampai hilir komoditas kopi. Lulusan nantinya mendapat gelar Sarjana Sains Terapan Pertanian (S.Tr.P).

“Kolaborasi program penelitian antara Politeknik, Industri, Usaha,  dan Pemerintah, program magang bagi Mahasiswa di Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi), dan Instansi Pemerintah, serta mendatangkan Dosen tamu/ Praktisi dari DUDI baik dari sektor hulu maupun sektor hilir , menjadi hal yang bisa kita sinergikan,” tegas Sarono.

Sementara itu, Yuliansyah mengungkapkan bahwa pada dasarnya LLDikti merespon dan sangat mendukung dan memberi rekomendari kepada Polinela untuk pembukaan kedua Prodi baru tersebut. “Untuk memenuhi kebutuhan pasar, semoga prodi Pengelolaan Perhotelan dan Pengelolaan Perkebunan Kopi siap di buka ditahun ajaran 2021/2022,” ungkapnya.

Rekomendasi dari LLDikti akan memperkuat usulan dan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam penyelenggaraan Prodi baru tersebut. Humas*.