Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Lampung Tahun 2020 Secara Daring
Berita Kegiatan Mahasiswa

Hari ke 2 : Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Lampung Tahun 2020 Secara Daring

Polinela, Senin (31/08/2020). Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Tahun Akademik 2020/2021 hari kedua secara daring masih antusias diikuti oleh diikuti oleh 1.458 dengan materi tentang pelayanan terhadap mahasiswa di Polinela

Hadir sebagai pembicara pertama Drs. I Wayan Suwindra, M.M., selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Sistem Informasi (BAAKPSI), BAAKPSI membawahi Subagian Akademik dan Kemahasiswaan yang bertugas melayanani ; surat keterangan kuliah, surat keterangan lulus kuliah, surat cuti akademik (maksimal 1 tahun), pelayanan kesehatan dan asuransi, evaluasi pembelajaran, quiz, UTS, UAS, Yudisium, dan Wisuda, layanan kesejahteraan (Beasiswa). Untuk beasiswa tahun ini Polinela melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi 600 beasiswa KIP-Kuliah, selain itu juga ada beasiswa PPA, Bidikmisi, ADIK, Pemda, dan banyak lagi beasiswa lainnya.

Pembicara kedua, Zahermanto, S.P., M.H., selaku Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK), beliau menjelaskan BAUK merupakan pelaksana administrasi umum yang mempunyai tugas memberikan pelayanan di bidang persuratan, kepegawaian, perlengkapan, hubungan masyarakat, organisasi, dan tata laksana serta keuangan.

BAUK membawahi ; Sub bagian Tata Usaha yang bertugas dibidang pelayanan administrasi keuangan, administrasi umum, perlengkapan, kerumahtanggaan, serta tatalaksana, Sub bagian Kepegawaian bertugas melaksanakan administrasi.

“jika kalian mau meminjam gedung, bus, dan peralatan yang ada di Polinela atau buka kantin, maka kalian bisa menghubungi Subbag Rumah Tangga, Bu Erlis, S.Sos.,” tutup ketua BAUK yang akrab denggan panggilan Manto, ini.

Pembicara ketiga, Dr. Ir. Suraya Kaffi Syahfara, M.T.A., selaku ketua UPT Perpustakaan menjelaskan UPT Perpustakaan merupakan resource center yang mempunyai fungsi sangat strategis dalam kegiatan akademik di Polinela, yaitu untuk mendukun1g, memperlancar serta meningkatkan kualitas pelaksanaan program kegiatan perguruan tinggi melalui pelayanan informasi yang meliputi aspek-aspek pengumpulan informasi, pengolahan informasi, pemanfaatan informasi, dan penyebarluasan/diseminasi informasi. Informasi dalam hal ini meliputi produk intelektual dan artistik manusia di mana  perpustakaan sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan dan informasi yang selalu berkembang seirama dengan perkembangan pemikiran dan kultur masyarakatnya.

Jenis buku sampai tahun 2020 Library of Congress Subject Areas (612), H Social Sciences (161), HF Commerce (161), HF5601 Accounting (159), Q Science (198),Q Science (General) (1),QA Mathematics (198), QA76 Computer software (198), S Agriculture (254), S Agriculture (General) (254), dan 730 judul e-book.

“Selain layanan langsung kalian juga bisa mendapat layanan digital. Kalian bisa mendapatkan layanan Perpustakaan Digital Polinela dengan download PusDiLa (Perpustakaan Digital Polinela) di AppPlayStore atau akses http://eprints.jeb.polinela.ac.id/ dan http://perpustakaan.polinela.ac.id/”  ,tutup Suraya pada akhir pemaparan materinya.

Pemateri berikutnya, Dr. Septafiansyah Dwi Putra, S.T., M.T., selaku ketua UPT Pusat Komputer (PUSKOM) memaparkan tugas UPT Puskom sebagai unit yang melayani Layanan Web Site dan Database, Layanan Jaringan, Layanan Sub Domain, Layanan Informasi, dan Layanan Laboratorium Komputer.

UPT PUSKOM melayani kegiatan praktikum mahasiswa semua Jurusan dan Prodi yang kegiatannya  mencakup di bidang komputer dan multimedia serta dibantu oleh tim Teknisi dan PLP dari masing-masing Jurusan atau Prodi.

Layanan yang didapat Mahasiswa Polinela dari UPT PUSKOM diantaranya ; akses e-learning Polinela yang bisa akses http://lms.polinela.ac.id., akses free wifi 350 mbps, akses 75 website yang dikelola oleh Puskom, email dengan unlimited storege , akses google meet dengan 300 partisipan, fitur jaringa akademik dengan akses http://student.polinela.jaraka.id/ untuk mengetahui kalender akademik, kode etik mahasiswa, KRS, nilai, dan KHS.

“Untuk mendapatkan akun akses kalian bisa menghubungi admin UPT PUSKOM di help desk  https://puskom.polinela.ac.id/ pada pukul 07.00 – 16.00 wib setelah dinyatakan lulus PKKMB “ tutupnya pada sesi I materi PKKMB hari ini.

Agenda dilanjutkan dengan penjelaskan Profil dan Proses Belajar Mengajar (PBM) Jurusan dan Program Studi oleh Ketua Jurusan (Kajur) dan Ketua prgram Studi (Ka Prodi). Pengenalan ini bertujuan agar setiap mahasiswa memahami PMB, lingkungan, dan sarana prasarana yang ada di Jurusan dan Prodinya masing-masing. Humas*.