Uji Kompetensi Inspektor/Pengawas Benih Tanaman Bagi Mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Perbenihan
Kegiatan

Uji Kompetensi Inspektor/Pengawas Benih Tanaman Bagi Mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Perbenihan

Polinela, Rabu (06/10/2021). Program Studi D4 Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melaksanakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa Inspektor/Pengawas Benih Tanaman secara daring via Zoom Meeting dan luring bertempat di Gedung Sakura Polinela. Kegiatan Sertifikasi Kompetensi dilaksanakan bekerjasama dengan Asosiasi Perbenihan Indonesia (Asbenindo).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. selaku Pembantu Direktur I Polinela, Ir. Denny Sudrajat, M.P. selaku perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Polinela, Ir. Hery Sutrisno, M.P. selaku Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D., selaku Ketua Program Studi D4 Teknologi Perbenihan dan Marlinda Apriyani, S.P., M.P. perwakilan dari Unit Kerjasama Polinela. Hadir sebagai pemateri via Zoom Meeting Ricky Gunawan selaku Ketua Umum Asbenindo, Abdul Hamid Fauzie selaku Wakil Ketua Asbenindo, Nana Laksana Ranu selaku Sekretaris Jendral Asbenindo, ME. Achdijat Basari selaku Sekretaris Eksekutif Asbenindo, Adhie Widihartho dan Andhika Whisnu Wardhana Staf Sekretariat.

Kegiatan dibuka oleh Pembantu Direktur I Polinela, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si, pada kesempatan ini Pembantu Direktur I menyampaikan ucapan terimakasih kepada Asbenindo yang telah berkenan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa Polinela dan sertifikasi yang merupakan program pemerintah yang terus digalakkan dalam rangka untuk memberikan suatu pembekalan khusus untuk mahasiswa agar mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dalam proses perkembangan pendidikan, perguruan tinggi harus bisa bersinergi secara langsung dengan industri dan asosiasi dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Hal ini sejalan dengan target Polinela dimana selain mendapatkan ijazah mahasiswa juga mendapatkan sertifikasi kompetensi keahlian yang diakui oleh industri. Selama kegiatan berlangsung, diharapkan mahasiswa aktif agar ilmu yang diberikan dapat terserap dengan baik dan berkompeten.

Ricky Gunawan selaku Ketua Umum Asbenindo dalam sambutannya mengatakan Asbenindo merupakan organisasi nirlaba pertama di Indonesia yang menjadi wadah bersatunya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perbenihan tanaman. Anggota Asbenindo terdiri dari perusahaan Swasta Nasional, BUMN, Koperasi maupun perusahaan Multi Nasional yang khusus bergerak dalam bidang perbenihan tanaman pangan, hortikultura, tanaman kebun, dan tanaman hutan. Adapun kegiatan masing masing anggota sangat beragam, mulai dari kegiatan penelitian/pemuliaan, produksi benih, ekspor dan impor serta perdagangan benih dalam negeri. Asbenindo juga menjadi media komunikasi dan konsultasi antara perusahaan anggota dan Pemerintah Republik Indonesia, badan-badan internasional serta Negara-negara sahabat. Sejak didirikan pada tahun 1991, Asbenindo telah mengalami banyak perkembangan,baik dari segi keorganisasian yang ditandai dengan peningkatan jumlah anggota dan berkembangnya cabang-cabang di daerah, maupun dari segi fungsi dan perannya. Asbenindo ikut mencatatkan sejarah dalam pembangunan pertanian Indonesia melalui partisipasi dan usulan-usulan dalam penyusunan berbagai perturan perundangan serta kebijakan dan program pemerintah.

Abdul Hamid menyampaikan materi Proses Pengawasan Peredaran Benih Dalam Rangka Mendapatkan Benih Bermutu dan Varietas Unggul, Nana Laksana Ranu menyampaikan materi Sertifikasi Benih Tanaman, Adhie Widihartho menyampaikan materi Proses Produksi Benih Bermutu Dari Varietas Unggul Dalam Rangka Mendapatkan Benih Bersertifikat, dan ME. Achdijat Basari menyampaikan materi Standar Operasional Prosedur (SOP) Penilaian Varietas Dalam Rangka Pelepasan Varietas Tanaman Pangan.

Uji Kompetensi Inspektor/Pengawas Benih Tanaman Bagi Mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Perbenihan
Uji Kompetensi Inspektor/Pengawas Benih Tanaman Bagi Mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Perbenihan

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Oktober 2021 dan ikuti oleh 50 Mahasiswa. Rangkaian kegiatannya meliputi pelatihan berupa teori dan praktik langsung melakukan inspeksi ke lahan Seed Teaching Farm, dilanjutkan dengan uji Sertifikasi Kompetensi. Selama pelaksanaan kegiatan peserta menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *