Berita

Penandatanganan MoU Polinela dan PT PLN Nusantara Power, Langkah Maju untuk Pendidikan dan Penelitian Lingkungan

Polinela, Jum’at (07/06/2024). Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dengan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT PLN Nusantara Power Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Bandar Lampung. Kerja sama ini mencakup bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia serta kajian penanganan masalah banjir.

PT PLN Nusantara Power UPDK Bandar Lampung merupakan unit usaha PT PLN Nusantara Power yang membawahi tiga unit layanan pusat listrik: ULPLTA Way Besai (PLTA Way Besai & PLTA Batutegi), ULPLTDG Tanjung Karang (PLTD Teluk Betung & PLTD Tarahan), dan ULPLTD Tegineneng.

Penandatanganan MoU berlangsung di kantor PT PLN Nusantara Power UPDK Bandar Lampung. Direktur Polinela, Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., didampingi oleh Ketua Jurusan Teknologi Pertanian, Didik Kuswadi, S.T.P., M.Si., Ketua Jurusan Teknik, Iskandar Zulkarnain, S.T., M.T., serta Koordinator Program Studi Teknologi Rekayasa Elektronika, Syaiful Mansur, S.T., M.Eng., hadir untuk menandatangani perjanjian tersebut. Rombongan Polinela disambut hangat oleh Manager PT PLN Nusantara Power UPDK Bandar Lampung, Sigit Kusumawan Ardianto, beserta jajaran dari PT PLN Nusantara Power UPDK Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi Polinela untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi dengan industri. “Kami sangat mengapresiasi PT PLN Nusantara Power yang telah membuka pintu kerja sama ini. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dan staf akademik kami, serta memberikan kontribusi nyata dalam penanganan masalah banjir di wilayah Lampung,” ujar Prof. Sarono.

Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi Polinela untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi dengan industri.

Kerja sama ini juga akan melibatkan kajian penanganan masalah banjir yang akan dilakukan oleh Jurusan Teknologi Pertanian Polinela melalui program studi Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan. “Kami siap memberikan dukungan penuh dalam upaya pengembangan penelitian dan kajian yang berfokus pada solusi penanganan banjir. Kami percaya, sinergi antara dunia akademis dan industri dapat menghasilkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat,” tambah Prof. Sarono.

Sigit Kusumawan Ardianto, Manager PT PLN Nusantara Power UPDK Bandar Lampung, menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak. “PT PLN Nusantara Power selalu berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Kami yakin, kolaborasi ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan solusi praktis untuk penanganan masalah lingkungan, khususnya banjir,” katanya.

Sigit Kusumawan Ardianto, Manager PT PLN Nusantara Power UPDK Bandar Lampung, menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak.

Kerja sama antara Polinela dan PT PLN Nusantara Power ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan penelitian, pengembangan ilmu, teknologi, inovasi, dan technopreneur. Selain itu, kegiatan peningkatan pendidikan seperti praktisi mengajar, penggunaan kepakaran yang dimiliki oleh kedua belah pihak, kegiatan praktikum, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam proses aplikasi ilmu pengetahuan juga diharapkan akan terus berkembang.

Kerja sama antara Polinela dan PT PLN Nusantara Power ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan penelitian, pengembangan ilmu, teknologi, inovasi, dan technopreneur

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Polinela dan PT PLN Nusantara Power terus berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang lebih baik melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penanganan masalah lingkungan yang berkelanjutan.

Leave a Reply