Berita Kegiatan

Mengoptimalkan Potensi Pesisir Untuk Perikanan Berkelanjutan, Polinela Adakan Seminar bersama Japan Fisheries Association

Polinela, Kamis (21/07/2022). Program Studi Perikanan yang berada di Politeknik Negeri Lampung mengadakan Seminar dengan tema “Mengoptimalkan Potensi Pesisir Untuk Perikanan Berkelanjutan” pada hari Selasa 20 Juli 2022, kegiatan di laksanakan di Gedung Serba Guna Polinela.

Kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung Dr. Ir Sarono, M.Si. beliau menyampaikan “pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan mudah mudahan kepada tamu yang datang dan akan kita diskusikan hari ini akan mendapatkan dampak yang positif terhadap pengembangan di sektor perikanan di seluruh Lampung dan lebih luas lagi tentu di Indonesia”.

Dilanjutkan dengan sambutan Direktur Japan Fisheries Association, Masashi Kigami. Dalam sambutannya beliau  menyampaikan, “dengan terlaksananya seminar hari ini kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terkait, terim kasih telah bersempatan untuk datang hari ini, terima kasih juga kepada seluruh mahasiswa yang juga bisa hadir dalam seminar hari ini, seminar ini adalah lanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan di Jakarta pada tanggal 19 Desember 2019 serta 22 Januari 2020, jadi untuk pelaksanaan yang ketiga kalinya ini dilaksanakan di Lampung, pada seminar kali ini kita mengetengahkan sub judul “mari kita berikan laut yang melimpah kepada anak anak dimasa depan”.

Kemudian Sambutan oleh Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Dr. Bambang Suprakto, A.P.I., S.Pi., M.T., beliau menyampaikan “suatu kehormatan bagi saya bisa hadir di kegiatan ini yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan kami Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan dengan Japan Fisheries Association yang kami tanda tangani pada tanggal 29 September 2021 terkait dengan peningkatan kapasitas dan penyerapan lulusan pendidikan kelautan dan perikanan, perjanjian kerjasama bertujuan untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dan penyerapan lulusan untuk keperluan tenaga kerja, salah satu upaya yang di lakukan adalah program pemenuhan SDM di Jepang dengan skema Spesific Skill Worker”.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Lampung, Ir. Liza Derni, M.M , menyampaikan “Produksi perikanan Provinsi Lampung pada tahun 2021 mencapai 324.000 Ton yang terdiri dari produksi perikanan tangkap sebesar 140.000 Ton dan produksi perikanan budidaya sebesar 180.000 Ton, volume ekspor perikanan Lampung mengalami peningkatan sebesar 5,6%, pada tahun 2020, ekspor perikanan lampung sebesar 170.487 Ton dan naik menjadi 180.482 Ton pada tahun 2021, dari sisi nilai meningkat sebesar 13,4% atau mencapai 2,6 triliun rupiah ditahun 2021 dari sebelumnya 2,3 triliun  rupiah di tahun 2020.

Sambutan Dari Direktur Polinela, Direktur JFA, Kepala Pusdik KP, Kadis Kelautan dan Perikanan

Sebagai  narasumber utama pada seminar yang dengan tema  “Mengoptimalkan Potensi Pesisir Untuk Perikanan Berkelanjutan”  adalah Taku Shimamoto, belia saat ini menjabat General Manager ISHIKAWA PREFECTURE’S of FISHERIES COOPERATIVE ASSOCIATIONS (JF ISHIKAWA).  Diawali dengan memaparkan mengenai profil Prefektur Ishikawa mulai dari letak lokasinya. Topik utama dalam kegiatan seminar tersebut membahas mengenai sektor karakteristik sumber daya perikanan dan pentingnya pengelolaan dari sumber daya terkait. Terdapat pula didalam materi yang dipaparkan mengenai upaya untuk menjaga perikanan pesisir dengan membersihkan dasar laut dan juga membersihkan daerah pantai. Materi lengkap kegiatan seminar tersebut dapat disaksikan pada kanal youtube: https://youtu.be/d9QMfYLx3Bs

Pemaparan Materi dan diskusi dengan para tamu undangan dengan pemateri Taku Shimamoto
Foto Bersama Dengan Seluruh Tamu Undangan dan Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.