Berita

Dua Program Studi Diploma Tiga Polinela Resmi Menjadi Sarjana Terapan

Polinela, Selasa (15/03/2022). Program upgrading Program D3 menjadi sarjana terapan atau D4 pendidikan tinggi vokasi, Program Studi D3 Agribisnis menjadi Program Sarjana Terapan Pengelolaan Agribisnis dan Program Studi D3 Akuntansi menjadi Program Sarjana Terapan Akuntasi Bisnis Digital. Ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,Nomor 31/D/OT/2022 Tanggal 4 Maret 2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi. Surat Keputusan Mentri ditandatangi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.

Dengan adanya Upgrading Program Studi diharapakan mampu menciptakan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) dari perguruan tinggi vokasi. Program upgrading D3 menjadi D4 merupakan salah satu program yang berpotensi memiliki banyak lulusan yang berkompeten yang diharapkan dampak positif bagi dudika.dengan adanya Program Upgrading ini akan memberikan dampak yang positif bagi dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA). Namun industri yang dimaksud adalah industri yang memang selaras dengan program studi yang bersangkutan, serta berkomitmen untuk menyerap lulusan yang sesuai sehingga, mereka akan mendapat penghargaan serta karir yang lebik baik karena lulusan D4 sudah setara dengan S1. Maka lulusan D3 yang naik menjadi D4 akan memiliki pencapaian pembelajaran atau kompetensi sebagai calon supervisor lapangan, manajer lapangan, product designer untuk produk-produk aplikatif, dan bisa juga sebagai enterpreneur.

Proses Program Upgrading D3 ke D4 atau Sarjana Terapan yaitu membuat kurikulum dan pencapaian kompetensi yang baru, dikarenakan perguruan tinggi vokasi diwajibkan untuk memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan. Adapun syarat yang paling utama, yaitu materi penguatan soft skill, karakter, serta leadership. Hard skill jelas penting dalam pendidikan vokasi, tetapi soft skill dan karakter serta leadership itu juga menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Ketika kurikulum D3 menjadi Sarjana Terapan, peningkatan soft skill dan karakternya harus bersifat dominan. Sedangkan persyaratan lainnya, yaitu prodi program D3 terakreditasi dengan peringkat B atau Baik Sekali. Perguran tinggi vokasi juga harus memenuhi persyaratan yang diminta, yaitu menyiapkan kerja sama dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA), menyiapkan SDM, kurikulum, peraturan akademik, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.