Berita Kegiatan

UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung Adakan Seminar Nasional Kampus Menulis

Polinela, Kamis (1/09/2022). UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung melaksanakan Seminar Nasional  dengan tema “Kampus Menulis” bekerjasama dengan Penerbit Buku Pusdila, bertempat di Ruang Sidang Utama Polinela, pada hari Kamis, 1 September 2022. Peserta dalam kegiatan ini adalah Dosen di lingkungan Politeknik Negeri Lampung. Kegiatan bertujuan meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam penulisan karya ilmiah dengan Narasumber Drs. Joseph Edyanto, SE, selaku Direktur KuBuku dan Graha Ilmu.

Kegiatan diawali dengan Laporan dari Ketua Pelaksana Nawawi, S.Sos., beliau menyampaikan “Tema yang kami angkat dalam Seminar ini adalah Kampus Menulis, Seminar ini dapat terselenggara berkat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini izinkanlah kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Penghargaan yang setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada segenap panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan seminar ini, kami menyadari bahwa penyelenggaraan seminar ini masih banyak kekurangan baik dalam penyajian acara,pelayanan administrasi maupun keterbatasan fasilitas.”

Penyampaian Laporan Oleh Nawawi,S.Sos Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan

Kemudian sambutan sekaligus membuka acara oleh Direktur Polinela dalam kesempatan ini diwakili oleh Pembantu Direktur I, Dwi Dwi Puji Hartono, S.Pi, M Si., beliau menyampaikan “ pelaksanaan kegiatan Kampus Menulis ini akan sangat erat kaitannya dengan aktivitas kita sebagai dunia pendidikan terutama kita sebagai dosen. Dalam dunia profesi dosen, menulis dirasa sangat tepat karena menulis adalah sebuah kewajiban yang harus dan terus dikembangkan dalam berbagai aktivitas dan kebutuhan kita sebagai dosen, kewajiban menulis ini menjadi satu hal yang terus dan terus harus kita lakukan karena didalam proses peningkatan kinerja, dalam proses kenaikan pangkat ataupun kegiatan-kegiatan lainnya dibutuhkan kemampuan menulis bapak/ibu. Kemampuan menulis ini wajib terus kita kembangkan sampai pada tahapan-tahapan yang mungkin bisa dikatakan tidak ada batasnya sehingga kadang-kadang ada anggapan dari sebagian kita kalau belum bisa menulis atau belum menghasilkan tulisan itu belum bisa di anggap sebagai dosen, wawasan dan pengalaman yang dimiliki kadang kala tidak cukup hanya dengan secara lisan. Jadi tidak hanya cukup kita membagikan apa yang kita miliki ini secara lisan tetapi perlu di tuangkan dalam bentuk tulisan yang tentu saja tulisan-tulisan yang kita tulis inilah apakah dalam bentuk tulisan buku, tulisan publikasi, atau tulisan-tulisan yang lain yang ini nanti akan menjadi satu dokumen yang bisa kita wariskan. Lebih lanjut Dwi Puji Hartono menyampaikan dalam konteks penulisan buku juga harus menuangkan potensi dosen yang secara umum bisa di tuangkan didalam buku, seperti contoh misalnya dosen setiap mata kuliah pasti ada buku panduan praktek yang merupakan karya bapak/ibu dalam menuangkan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan untuk kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa terutama dibidang praktek.”

sambutan oleh Pembantu Direktur I, Dwi Dwi Puji Hartono, S.Pi, M Si.

Narasumber  Drs. Joseph Edyanto, SE dalam pemaparannya menyampaikan mengenai prosedur, metode dan cara menulis buku dan penerbitan buku. Dalam kesempatan tersebut beliau bersedia memfasilitasi dosen Polinela dalam penerbitan karya tulisnya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Disela seminar tersebut dilakukan penandatangan MoU antara Politkenik Negeri Lampung dengan Penerbit & Percetakan CV Graha Ilmu, dimana perusahaan tersebut  bergerak dibidang jasa publikasi buku dan karya ilmiah. Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini melakukan kerjasama dalam penerbitan buku karya tulis ilmiah Dosen di Politeknik Negeri Lampung. Karya tulis ilmiah yang dimaksud adalah karya ilmiah baik dalam bentuk buku teks, maupun hasil laporan penelitian yang telah diubah formatnya menjadi buku yang memiliki  ISBN (International Standard Book Number) dan sepakat untuk mempromosikan buku tersebut, baik melalui jalur distribusi dan sarana promosi.

Penandatangan MoU antara Politkenik Negeri Lampung dengan Penerbit & Percetakan CV Graha Ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published.