Seed Teaching Farm
Artikel

Teaching Factory Menguatkan Keterampilan dan Kompetensi Lulusan

Polinela, Kamis  (23/07/2020). Teaching Factory merupakan salah satu unggulan yang dimiliki oleh Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Fasilitas ini belum banyak dimiliki oleh PTN lain di Indonesia. Polinela saat ini mempunyai 5 jurusan, 23 program studi, 2 program studi di kampus 2 Polinela, dan 1 program studi pascarasjana dengan 14 Teaching Factory.

Teaching Factory Polinela juga mendapat dukungan dari Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti. Teaching factory merupakan sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industri saat ini dan nanti.

Teaching Factory (TeFa) adalah suatu konsep pembelajaran di Vokasi berbasis produksi atau jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri. Program ini dilaksanakan dalam suasana seperti layaknya industri. Implementasi TeFa di Polinela dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan kompetensi yang dihasilkan oleh kampus.

Salah satu tujuan Polinela adalah mewujudkan sistem pembelajaran vokasi berbasis kompetensi, disiplin, terampil, dan mandiri. Keberadaan Laboratorium TeFa adalah salah satu buktinya. Tefa merupakan keharusan bagi perguruan tinggi vokasi sebagai sarana menguatkan ketrampilan dan kompetensi lulusannya. PT vokasi  mempunyai kekuatan atau keunggulan sebagai pembeda dibanding PT Akademik.

Empat Belas TeFa yang ada di Polinela adalah :

  1. TeFa Kimia Industri yang diketuai oleh Dr. Oktaf Rina, S.Si., M. Si. dengan produk unggulan Sabun cair pencuci piring, hand soap dan VCO.
  2. Seed Teaching Farm yang diketuai oleh Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D. dengan produksi unggulan Benih dan buah bentuk hati dan kotak dengan berbagai varietas
  3. Polinela Organic Farm yang diketuai oleh Dr. Dulbari, S.P., M.Si dengan produksi unggulan Beras, Sayur, Edamame Organik
  4. Polifeed yang diketuai oleh Dr. Rakhmawati, S.Pi., M.Si. dengan produksi unggulan Pakan Ikan Apung
  5. Polibronik yang diketuai oleh Dr. Ir. Suraya Kafi, M.TA. dengan produksi unggulan Ayam organik
  6. Smart Agribussines yang diketuai oleh Marlinda Apriani, S.P, M.P.  dengan produksi unggulan Sayuran hidroponik, buah naga, dan edukasi agribisnis
  7. House of Soy yang diketuai oleh Dr. Chandra Utami W, S.TP., M.Si dengan produksi unggulan Susu Kedelai, Puding Kedelai, Bubur sum sum Kedelai
  8. Polihidrofarm yang diketuai oleh Rizka Novi Sesanti, S.P., M.P. dengan produksi unggulan sayuran hidroponik, buah hidroponik.
  9. Roti Campus yang diketuai oleh Ir. Hertini Rani, M.TA. dengan produksi unggulan Roti manis, Roti tawar, Pastry Cake, dan Roti Campus.
  10. Pembibitan Kelapa Sawit yang diketuai oleh Ir. Bambang Utoyo, M.P. dengan produksi unggulan Bibit Kelapa Sawit Bersertifikat.
  11. Agroedutourism yang diketuai oleh Anwar Rahman, S.Pd., M.Pd. dengan produksi unggulan jasa Pariwisata.
  12. Logam dan Otomotif yang diketuai oleh Ir. Yose Sebastian, M.P. dengan produksi unggulan Alat Mesin Pertanian.
  13. Perkebunan yang diketuai oleh Ir. Ersan, M.T.A. dengan produksi Produk Perkebunan.
  14. Polifish Farm yang diketuai oleh Epro Barades, S.Pi., M.Si. dengan produksi unggulan Ikan Segar

“Pengembangan TEFA yang berstandar industry bagi PT vokasi sangat amat penting dan strategis, untuk menghasilkan kompetensi yang selaras dengan kebutuhan industry pula”, papar Direktur, Dr.Ir. Sarono,M.Sc.,

Tahun ini tiga prodi Polinela mendapat Hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) dari Pendidikan dan Kebudayaaan Tahun 2020 yang akan digunakan untuk perkembangan Pusat Unggulan Teknologi (PUT) yang juga merupakan teaching factory. Ketiga prodi itu adalah Perjalanan Wisata, Teknologi Produksi Ternak, dan Teknologi Pangan. Dengan adanya hibah ini, kedepannya Polinela akan menambah 3 Tefa lagi, tutupnya.