Berita Kegiatan

Pelaksanaan PKKMB Hari ke Empat

Polinela, Senin (29/08/2022). Pelaksanaan PKKMB hari keempat diisi dengan Kuliah Umum dan pengenalan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) menjadi puncak acara kegiatan PKKMB Polinela 2022 yang dilaksankan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022. Kuliah Umum dengan tema  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual  disampaikan oleh Marlinda Apriyani, S.P., M.E.P, sedangkan pengenalan ORMAWA disampaikan oleh Pengurus ORMAWA di lingkungan POLINELA.

Marlinda Apriyani, S.P., M.E.P  pada kuliah umum  menyampaikan materi mengenai Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi sebagai solusi dari kasus kekerasan seksual yang kerap terjadi di perguruan tinggi. Perlu diterapkan hal paling mendasar dari keresahan tentang kekerasan seksual, yaitu menumbuhkan kesadaran, baik itu mahasiswa, dosen maupun perangkat lainnya di lingkungan kampus. Lebih lanjut bagi sebagian masyarakat, isu kekerasan seksual dianggap masih tabu untuk didiskusikan. Sudah selayaknya mahasiswa sebagai bagian dari penerus bangsa untuk lebih membuka mata perihal isu tersebut. Kekerasan seksual bukanlah isu perempuan saja, bukan permasalahan segelintir orang, melainkan sebuah isu sosial yang menjadi permasalahan bersama dalam masyarakat dan perlu kesadaran bersama untuk menanganinya. Namun sangat disayangkan, betapa minim kesadaran muda-mudi tak terkecuali mahasiswa yang merupakan kaum “intelektual”, dibuktikan dengan masih banyaknya kekerasan seksual yang dilakukan mahasiswa di lingkungan kampus.

Pemaparan Materi Oleh Marlinda Apriyani, S.P., M.E.P

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) di Lingkungan Politeknik Negeri Lampung antara lain: MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) disampaikan oleh Ketua MPM Muhammad Ari Kusuma, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) oleh Ketua BEM Adil Darma Wibowo, dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang terdiri dari 5 HMJ:

  1. HMJ Budidaya Tanaman Pangan oleh Riyan Dewanda
  2. HMJ Budidaya Tanaman Perkebunan oleh Rony Hermansyah
  3. HMJ Teknologi Pertanian oleh Putri Puspa Rani
  4. HMJ Peternakan oleh Qulbudin H P K
  5. HMJ Ekonomi dan Bisnis oleh Adil Jeddi Radja

Sedangkan pengenalam UKM (Unit Kegiatan Kemahsiswaan) sebanyak 8 unit,  yang terdiri dari:

  1. UKM POLTAPALA (Politeknik Pecinta Alam Lampung) oleh Rizqy Abdillah;
  2. UKM Al-Banna oleh Anom Suhito;
  3. UKM Garda Kedisiplinan oleh Nindy Rahmaumairoh;
  4. UKM Olahraga oleh Gde Wahyu Pratama;
  5. UKM English Club oleh Muhammad Rizky;
  6. UKM Bidang Seni oleh Dimas Setiawan;
  7. UKM Kopma Polinela oleh Yusuf Prayoga;
  8. UKM Pers Sukma oleh Wayan Adi Rama
Garda Kedisiplinan, Salah Satu UKM yang ada di Politeknik Negeri Lampung

Selain pengenalan Organisasi Mahasiswa tersebut diatas, juga  terdapat beberapa komunitas kegiatan mahasiswa yang ada di Polinela yang diperkenalkan, diantarannya Komunitas:

  1. PDC (Polinela Diving Club) oleh Maulana Lurhfi Afif
  2. Pramuka oleh Aan Syahroni
  3. Taekwondo oleh M Zufar N T
  4. Smart Polinela oleh Rifaldi Eka Putra
  5. PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen) oleh Glandhi Geraldi
  6. KMHIPO (Keluarga Mahasiswa Hindu Polinela) oleh Wayan Erico
  7. PSHT (Persaudaraan Satu Hati Teratae) Komisariat Polinela oleh Restu Rama Van Rais
  8. Duta kampus oleh Ervando Zunika Rianda
  9. Permata sholawat oleh Rendi Safikri

Dengan telah dilaksanakannya semua kegiatan PKKMB 2022 yang dimulai dari tanggal 24 sampai dengan  27 Agustus 2022,  sebagai tanda berakhirnya kegiatan  dilakukan  Upacara Penutupan PKKMB Tahun 2022 oleh Pembantu  Direktur II,  Dr. Ir. Beni Hidayat, M.Si. Dalam sambutanya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh Panitia atas suksesnya pelaksanaan  PKKMB  2022. Kepada mahasiswa beliau menyampaikan “selamat kepada adik-adik mahasiswa, secara resmi sudah menjadi civitas akademika Polinela”.  Dilanjutkan dengan Pelepasan Tanda Peserta PKKMB secarak simbolik kepada 2 mahasiswa oleh Pembantu Direktur II dan diikuti oleh seluruh peserta sebagai tanda bahwa pelaksanaan PKKMB 2022 secara resmi telah selesai.

Pelepasan Tanda Peserta PKKMB Oleh Pembantu Direktur II Dr. Ir. Beni Hidayat, M.Si.