Politeknik Negeri Lampung kembangkan Pusat Produksi Melon Hidroponik melalui PPUPIK Tahun 2018

Politeknik Negeri Lampung kembangkan Pusat Produksi Melon Hidroponik melalui PPUPIK Tahun 2018

Pusat Produksi Melon Hidroponik di Politeknik Negeri Lampung didirikan dan beroperasi melalui kegiatan dan pendanaan PPUPIK tahun 2017. Pada awal pendirian, pusat produksi melon hidroponik hanya memiliki 1 (satu) greenhouse (GH) yang digunakan hanya untuk kegiatan praktik mahasiswa program studi Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura untuk melakukan produksi melon hidroponik dengan kemampuan 3 s.d. 4 musim tanam/tahun. 

Sebagai informasi, Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) adalah program pengabdian kepada masyarakat yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti berkaitan dengan upaya pengembangan budaya ekonomi berbasis pengetahuan di perguruan tinggi yang memanfaatkan pengetahuan, pendidikan maupun hasil riset dosen.

Pusat Produksi Melon Hirdroponik sejak tahun 2017 telah beroperasi dengan memanfaatkan 1 (satu) greenhouse (GH). Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan terhadap manfaat dari Pusat Produksi Melon Hidroponik tersebut, selanjutnya pengembangan Pusat Produksi Melon Hidroponik di Politeknik Negeri Lampung dilakukan melalui kesertaan tahun kedua dalam kegiatan dan pendanaan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) tahun 2018.

Kegiatan PPUPIK untuk pengembangan Pusat Produksi Melon Hidroponik dilaksanakan pada tahun 2018, oleh dosen-dosen Politeknik Negeri Lampung program studi Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura dan Agribisnis. Dosen-dosen tersebut antara lain Rizka Novi Sesanti, S.P., M.P., Ir. Sismanto, M.P., Ir. Hilman Hidayat, M.Si., dan Sri Handayani, S.P., M.E.P.

Melalui kegiatan dan pendanaan dari PPUPIK tahun kedua (di tahun 2018) tersebut, telah dibangun lagi 1 (satu) buah greenhouse baru, sehingga Pusat Produksi Melon Hidroponik saat ini total memiliki 2 (dua) buah greenhouse. Dan pada tahun 2018, greenhouse baru beroperasi dan mampu melakukan 6 s.d. 8 musim tanam /tahun. Selain sebagai tempat untuk memproduksi melon hidroponik, pusat produksi tersebut juga dikembangkan untuk memproduksi pupuk AB MIX, sebagai laboratorium praktik kewirausahaan mahasiswa, sebagai lokasi wisata edukasi masyarakat (siswa) dan sebagai pusat pelatihan hidroponik atau PKL siswa SMK pertanian.

Kedepannya diharapkan Pusat Produksi Melon Hidroponik dapat semakin berkembang dan menjadi  akses sosialisasi produk-produk intelektual dosen  khususnya dibidang budidaya tanaman dengan sistem hidroponik yang unggul dan inovatif di lingkungan perguruan tinggi dalam kerangka pemenuhan kebutuhan masyarakat baik internal maupun eksternal kampus.  



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung