Optimalisasi Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PPKS)

Polinela. Rabu, tanggal 22  Januari 2014, merupakan hari bersejarah bagi Politeknik Negeri Lampung, karena Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Politeknik Negeri Lampung (PPKS), resmi mulai dioperasikan secara maksimal dan dikelola dengan pola kemitraan antara Politeknik Negeri Lampung dengan pihak Swasta.

PPKS sebagai salah ikon Politeknik Negeri Lampung, diresmikan pendirian dan penggunaannya oleh Gubernur Lampung Drs.Hi.Sjachroedin Z.P.,S.H  pada tanggal 3 April 2008, sejak diresmikan hingga akhir tahun 2013 belum dapat dioperasikan secara maksimal,karena adanya  beberapa kendala, Kendala-kendala tersebut antara lain: Komponen pabrik yang unit-unit penggeraknya tidak berfungsi secara optimal, karena kapasitasnya yang di luar perencanaan, dan Biaya operasional yang besar.

Optimalisasi dan pengoperasian PPKS  dilaksanakan dengan pola kemitraan antara Politeknik Negeri Lampung dengan pihak swasta (Hi. Zen, M.S.)  selaku Mitra dalam pengolahan TBS PPKS Polinela. Terkait dengan hal tersebut, menurut  Direktur Polinela, Ir. Joko S.S. Hartono, M.T.A,  saat ini pihaknya sedang membangun unit-unit hulu. PPKS diharapkan dapat menjadi hilirnya. Salah satu upayanya, yaitu dengan mengadakan kerjasama dalam pengadaan pembibitan yaitu bekerja sama dengan PPKS Medan, yang merupakan pusat penelitian kelapa sawit di Medan.  Selain itu, dengan berfungsinya kembali PPKS Polinela ini, dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa Politeknik dalam hal pengolahan kelapa sawit yang sudah menjadi bagian integral dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I). Serta sebagai  sumber pendapatan yang akan dikelola  secara komersial.

Direktur yang pada saat itu didampingi  Ketua jurusan Peternakan sekaligus Koordinator  Pengembangan Program Akademik Dwi Puji hartono, S.Pi., M.Si., menambahkan untuk tahun 2014-2015, akan dirancang program pengolahan produk hilir dari kelapa sawit  dengan sasaran produksi PPKS berbentuk minyak goreng dan akan dikembangkan untuk menjadi produk lainnya juga. Sehingga akan memberikan   manfaat  besar bagi Polinela



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung