Wisuda Lulusan Diploma Satu (D1) PDD

Politeknik Negeri Lampung pada Sabtu, 30 November 2013, mengadakan Rapat Senat Luar Biasa Wisuda Lulusan Program Studi Di Luar Domisili (PDD) di kabupaten Mukomuko,

Acara ini dihadiri oleh anggota senat Polinela dan jajaran pejabat teras pemerintah kabupaten Mukomuko. Hadir pula Kapolres Mukomuko, Pengurus PKK, dan tokoh masyarakat setempat.

Pembantu Direktur I Polinela menyatakan bahwa terdapat 130 lulusan yang diwisuda pada hari itu. Para wisudawan tersebut berasal dari 3 program studi, yaitu PS Budidaya Perikanan (14 orang), PS Teknik Informatika (87 orang) , dan PS Produksi Tanaman Perkebunan (29 orang). Mereka telah menyelesaikan program pendidikan diploma satu selama satu tahun.

Lebih lanjut, PD I Polinela menyebutkan bahwa mereka merupakan lulusan pendidikan vokasi yang dididik untuk siap menghadapi tantangan pembangunan. Proses pendidikan yang menitikberatkan pada praktek langsung di lapangan membuat mereka siap menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam praktek di dunia nyata.

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Polinela Ir. Joko S.S. Hartono, M. T.A. menegaskan bahwa para lulusan yang diwisuda pada hari itu telah siap menjadi agen perubahan yang akan memajukan pembangunan dan pengembangan kabupaten Mukomuko. Dengan bekal ilmu yang memadai dari kegiatan proses perkuliahan di AK Mukomuko, para wisudawan akan mampu menjadi pemimpin di masyarakat dan menjadi pendorong perkembangan ekonomi di kabupaten Mukomuko.

Direktur Polinela meyakini bahwa kabupaten Mukomuko memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang pesat dalam bidang ekonomi. Potensi perkembangan tersebut ditandai oleh beberapa faktor fundamental yang telah dimiliki oleh kabupaten tersebut.Faktor-faktor fundamental tersebut antara lain soal infrastruktur, keamanan, pendidikan,dan kesehatan.

Infrastruktur yang relatif lebih baik daripada daerah lain memungkinkan perputaran ekonomi yang lebih cepat. Tingkat kriminalitas menjadi modal penting bagi masyarakat dalam beraktifitas dan berusaha sekaligus menjadi daya tarik bagi investor.

Dalam bidang pendidikan, hadirnya Akademi Komunitas akan sangat membantu memenuhi kebutuhan kabupaten Mukomuko dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Selain itu, pelayanan kesehatan di kabupaten Mukomuko telah dapat dikategorikan sebagai pelayanan yang sangat baik. Dengan pelayanan yang baik, kesehatan masayarakat diharapkan dapat terjaga dalam kondisi optimal sehingga mereka dapat menggerakkan roda perekonomian dengan kecepatan tinggi. Pendek kata, prasyarat fundamental yang diperlukan untuk mengembangkan perekonomian telah dimiliki oleh kabupaten Mukomuko sehingga kemajuan perekonomian tidak akan sulit dicapai dalam waktu dekat.

Pada kesempatan yang sama, wakil bupati Mukomuko menyampaikan penghargaan kepada Polinela yang telah memberikan pembinaan sehingga akademi komunitas dapat berdiri dan menghasilkan kaum intelektual baru di kabupaten Mukomuko. Selain itu, wakil bupati juga menyatakan menyatakan kebanggaanya kepaga para wisudawan yang telah menyelesaikkan pendidikan mereka dengan gemilang. Beliau berharap para wisudawan tersebut akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang berperan besar bagi pembangunan kabupaten Mukomuko. Wakil bupati juga menekankan agar para wisudawan tidak hanya berorientasi menjadi pekerja, melainkan berorientasi menjadi pengusaha yang menciptakan banyak pekerjaan bagi masyarakat.

Perlu diketahui bahwa PDD Mukomuko merupakan perguruan tinggi rintisan berbentuk Akademi Komunitas yang dibina oleh Politeknik Negeri Lampung. Sebelum bisa mandiri, hingga saat ini Akademi Komunitas Mukomuko masih berada di bawah naungan dan binaan Polinela. Pada beberapa tahun mendatang, Akademi Komunitas diharapkan dapat mandiri secara total dan lepas dari Politeknik Negeri Lampung.

Selain kegiatan wisuda, acara rapat senat luar biasa tersebut juga diwarnai sejumlah penandatanganan kerjasama antar beberapa pemangku kepentingan.

Direktur Polinela, Ir. Joko S.S. Hartono, M.T.A., menandatangani kerjasama penyelenggaraan dan pendirian Akademi Komunitas dengan pemerintah kabupaten MUkomuko yang diwakili oleh wakil bupati Mukomuko, Chairul Huda.

Selain itu, kesepakatan kerjasama juga ditandatangani oleh Ketua PDD Mukomuko, Dra. Nurhasni, M.Pd. dengan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Mukomuko, Sukiman, S.P.. Kerjasama tersebut mencakup kerjasama peningkatan mutu dan pemberdayaan lulusan PDD Mukomuko. Kerjasama serupa juga disepakati dan ditandatangani dengan Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Kehutanan, Eddy Apriyanto, S.P.. Kerjasama dalam bentuk yang sama juga ditandatangani oleh Ketua PDD Mukomuko dan Ketua PT PLN Ranting Mukomuko, Herdan Effendi, SE, MM.



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung