APTIKOM dan POLINELA Bersinergi dalam Workshop Publikasi Penulisan Internasional

APTIKOM dan POLINELA Bersinergi BERSINERGI MEMBANGUN IKLIM PENELITIAN BIDANG INFORMATIKA DI LAMPUNG MELALUI WORKSHOP PUBLIKASI PENULISAN INTERNASIONAL

Bandar Lampung, 15 Mei 2015 bertempat di Politeknik Negeri Lampung, Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer) Provinsi Lampung dan Program Studi Manajemen Informatika Polinela mengadakan workshop penulisan makalah ilmiah untuk dapat dipublikasikan pada jurnal bereputasi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 55 dosen yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Provinsi Lampung. Bambang Eka Purnama (Universitas Surakarta) sebagai narasumber pertama memberikan penjelasan tentang penyusunan artikel ilmiah yang baik, kiat mempublikasikan hasil riset, pencegahan plagiarisme. Sedangkan Pemateri kedua yang berasal dari Polinela, Septafiansyah Dwi Putra memberikan materi penggunaan tools TIK dalam menulis sebuah publikasi ilmiah. Para peserta workshop sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh direktur Polinela, Joko S.S. Hartono.  Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa “Publikasi ilmiah adalah salah satu alat media komunikasi dalam mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Sebuah publikasi ilmiah harus disajikan secara benar, valid, dapat dipercaya dan relevan”. 

Ketua Aptikom Provinsi  Lampung, Imam Asrowardi  juga menambahkan posisi publikasi ilmiah Indonesia jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Ketiga negara Asean ini memimpin jauh di depan dengan jumlah di atas angka 90.000 dokumen. Publikasi Indonesia hanya unggul dibandingkan negara Filipina dan Vietnam. Ketua Aptikom berharap kegiatan workshop tersebut dapat memberikan kontribusi nyata untuk memacu jumlah publikasi ilmiah para dosen di provinsi Lampung untuk berkiprah di tingkat internasional. 

Publikasi ilmiah saat ini sedang mengalami perubahan yang besar, yang muncul akibat transisi dari format penerbitan cetak ke arah format elektronik, yang memiliki model bisnis berbeda dengan pola sebelumnya. Tren umum yang berjalan sekarang, akses terhadap jurnal ilmiah secara elektronik disediakan secara terbuka. Hal ini berarti semakin banyak publikasi ilmiah yang dapat diakses secara bebas melalui internet, baik yang disediakan oleh pihak penerbit jurnal, maupun yang disediakan oleh para penulis artikel jurnal itu sendiri. Informatika sebagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi sangat perlu untuk ditingkatkan jumlah publikasi, melalui kerja sama ini Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) Provinsi Lampung dan Politeknik Negeri Lampung telah sukses mengadakan workshop penulisan makalah ilmiah untuk publikasi di jurnal bereputasi. 

Pada akhirnya harapan dari kegiatan workshop ini dapat mendorong terjadinya sinergi antar perguruan tinggi di Provinsi Lampung untuk bersama- sama membangun iklim penelitian nasional terutama di Provinsi Lampung. 

 



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung