Jambore Nasional FKMPI 2015 Polinela

Bandar Lampung. Sebuah kebanggan besar bagi mahasiswa dan kampus Politeknik Negeri Lampung, karena pada tanggal 11 – 15 Maret 2015 Polinela sebagai tuan rumah Jambore Nasional FKMPI (Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia). Acara yang berlangsung ±5 hari ini merupakan program kerja yang diusung oleh TIM FKMPI LAMPUNG.

Setelah diperjuangkan pada Sarnas dan Munas FKMPI di Bali kemarin, akhirnya Politeknik Negeri Lampung dipercaya sebagai tuan rumah untuk Jamnas FKMPI yang pertama. Sekretaris Jenderal FKMPI, Windia Bagus Saputro menjelaskan bahwa “untuk Jambore Nasional tahun ini sendiri mengambil 3 konsep yaitu kreatif, kompetitif dan budaya dimana ketiga konsep ini yang akan kita buat untuk menghadapi persaingan global di tahun 2015.” 

Dalam Jambore Nasional ini sendiri terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu :

  1. Seminar Nasional FKMPI 2015
  2. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional
  3. Lomba FKMPI Culture Documentary Awards
  4. Lomba Essay Nasional FKMPI 2015
  5. TUKAR DARAH (Tukar Kado Khas Daerah)
  6. Lintas Alam dan Jambore Nasional di Tahura (Taman Hutan Raya) Prov. Lampung
  7. Dinner & FGD (Focus Discussion Group) With BAKORMA di Kampoeng Bamboe
  8. Round City

Jambore Nasional pertama ini dihadiri oleh 17 Politeknik Negeri maupun swasta se-Indonesia. Nama nama Politeknik yang mengikuti Jambore Nasional FKMPI yaitu :

  1. Politeknik Negeri Jakarta
  2. Politeknik Sriwijaya Palembang
  3. Poltekes Kemenkes Palembang
  4. Politeknik Negeri Padang
  5. Politeknik Negeri Lampung
  6. Politeknik Negeri Pontianak
  7. Politeknik Negeri Bandung
  8. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  9. Poltekes Kemenkes Tanjung Karang
  10. Politeknik Negeri Madura
  11. Politeknik LP3I Bandung
  12. Politeknik Manufaktur Bandung
  13. Politeknik Negeri Sambas
  14. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  15. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  16. Politeknik Negeri Malang
  17. Politeknik Negeri Bengkalis

Dalam sambutannya pada pembukaan Jambore Nasional tanggal 12 Maret 2015 di gedung GSG, Direktur Polinela Bpk. Ir. Joko S.S. Hartono,M.T.A mengungkapkan rasa bangganya kepada mahasiswa Polinela karena telah menyelenggarakan event berskala nasional ke kampus Polinela, meskipun sebelumnya beliau sendiri merasa was was. Selain mengundang perwakilan mahasiswanya, dalam Jambore Nasional kali ini turut juga mengundang ketua Bakorma (Badan Koordinasi Mahasiswa) Politeknik se-Indonesia yaitu Dadan Heryada Wigenaputra,S.T.,M.T serta para wakil direktur bidang kemahasiswaan (Pudir III) Politeknik se-Indonesia. Para “bapak”nya mahasiswa ini diundang untuk diajak berdiskusi dan sharing bersama mahasiswa. Perwakilan PD 3 yang hadir pada Jamnas yaitu :

 

  1. Politeknik Negeri Lampung
  2. Politeknik Negeri Madura
  3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  4. Politeknik Negeri Batam
  5. Politeknik Negeri Padang
  6. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  7. Politeknik Negeri Jakarta
  8. Politeknik Manufaktur Bandung
  9. Politeknik Negeri Malang
  10. Politeknik Negeri Jember
  11. Politeknik Negeri Bandung

Dari beberapa perlombaan yang diadakan dalam Jambore Nasional ini, mendapat perhatian lebih dan antusiasme dari rekan-rekan Politeknik se-Indonesia. Tak heran banyak sekali Politeknik Politeknik lain bersaing untuk menjadi juara.

Dalam kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional, Politeknik Negeri Malang menyabet Juara I, sedangkan tuan rumah Polinela menjadi runner-up dan ditempat ke-3 adalah Politeknik Negeri Bengkalis. Dalam kategori Lomba Essay Nasional, PNJ menyabet Juara 1, sedangkan Juara 2 diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sementara itu Poltekes Kemenkes Palembang mendapatkan Juara ke-3. Dalam lomba FKMPI Culture Documentary Awards, Politeknik Negeri Bengkalis menjadi juara 1, juara 2 diraih oleh Politeknik Sriwijaya dan Juara 3 diraih oleh tuan rumah (Polinela).

“Suatu kebanggaan tersendiri untuk Polinela dan saya khususnya, kami bisa mengadakan acara bertaraf nasional dan bertemu dengan teman-teman Politeknik se-Indonesia sehingga bisa membuka wawasan dan cakrawala saya lebih luas. Kesempatan seperti ini, sangat langka untuk didapatkan.” ujar Sarjono selaku panitia Jamnas FKMPI.

“Alhamdulillah acara ini terselenggara dengan baik, meskipun ada kendala dan kekurangan di dalamnya, namun inilah ikhtiar maksimal yang bisa kami lakukan. Serangkaian acara yang sedemikian banyak dan padat, tidak lepas dari kerja keras dan doa para panitia TIM FKMPI Lampung didalamnya serta atas kerjasama beberapa UKM di Polinela yaitu Poltapala, UKM Bidang Seni dan Pers SUKMA. Kami sadari bahwa acara ini masih jauh dari kata sempurna, namun semoga kami (Polinela) bisa menjadi acuan pergerakan untuk jambore jambore selanjutnya. Sehingga harapannya acara Jambore Nasional yang berikutnya bisa disempurnakan lagi kedepannya.” pungkas Windia Bagus Saputro ketika diakhir acara.

 



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung