POLINELA Launching Management ISO 17025:2008 Laboratorium Analisis

Launching Management ISO/IEC 17025:2008 Laboratorium Analisis Polinela

Bandar Lampung. (06/04/2015) Jum'at, Pukul 10.00 WIB. Bertempat di gedung Laboratorium Analisis Politeknik Negeri Lampung. Dilaksanakan acara 'Launching Management ISO 17025:2008 Laboratorium Analisis'.   kegiatan ini dihadiri oleh jajaran direksi dan pimpinan, dosen, karyawan dan perwakilan mahasiswa. Dibuka dan dilaunching secara resmi oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung. Bapak Ir. Joko S.S. Hartono, M.P.

Kepala UPT. Laboratorium Polinela Bapak. Ir. Riyadi, M.P. dalam sambutannya, menyampaikan secara detail Pelaksanakan managemen ISO/IEC 17025:2008 bagi Laboratorium Analisis. menurut beliau managemen ISO/IEC 17025:2008 merupakan tuntutan yang tidak dapat dihindari,dan harus dilaksanakan.

Tuntutan terhadap mutu produk dengan tujuan kepuasan pelanggan,seperti jasa pengujian dan kalibrasi saat ini semakin nyata.Tuntutan tersebut bentuknya bahkan tidak lagi memerlukan pembuktian yang hanya didasarkan pada bentuk fisik,melainkan juga berdasarkan Dokumen Resmi yang menyertainya,yaitu dokumen yang menerangkan bahwa barang tersebut telah memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan.

Agar dapat diakui, dokumen tersebut harus dikeluarkan oleh laboratorium penguji yang terakreditasi. Di sinilah keberadaan laboratorium penguji terakreditasi menjadi semakin penting peranannya,karena laboratorium tersebutlah yangt memiliki core competency untuk memberikan pengakuan atas mutu suatu barang berdasarkan uji yang dilakukannya. Hal ini yang menjadi dasar salah satu komitmen Laboratorium Analisis Polinela dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa atau customer.

Dokumen ISO/IEC 17025:2008 Laboraturium Analisis Polinela.
Dokumen ini terdiri dari :

  1. Dokumen Level  I: Dokumen ini disebut Panduan Mutu (PM), berisi kebijakan umum       laboraturium dalam menerapkan sistem manajemen secara konsisten dan efektif.
  2. Dokumen Level II: Dokumen ini disebut Prosedur Kerja (PK), berisi prosedur pelaksanaan untuk menunjang sistem manajemen mutu dalam usaha memberikan jaminan mutu atas kinerja laboraturium.
  3. Dokumen Level III: Dokumen ini disebut Instruksi Kerja (IK), terdiri:
    • Instruksi Kerja Metode (IKM), berisi metode uji yang digunakan laboraturium dalam melakukan pengujian;
    • Instruksi Kerja Alat (IKA), mencangkup tata cara penggunaan alat, termasuk tata cara pelaksanaan uji kinerja alat khusus (equipment performance check) dan tata cara perawatan alat;
    • Instruksi Kerja Khusus (IKK), berisi tata cara pelaksanaan manajemen mutu laboraturium yang bersifat khusus.
  4. Dokumen Level IV: merupakan dokumen pengendalian yang berisi Formulir (Form), digunakan untuk mencatat dan merekam kegiatan mutu maupun teknis.

 



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung