Seminar Anti Korupsi dan LKMM-TD 2014 BEM Polinela

Polinela-Mahasiswa merupakan tonggak keberhasilan suatu negara dalam membentuk karakter bangsa. Mahasiswa juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam berjalannya pemerintahan negara, selain mahasiswa dapat dijadikan tumpuan masyarakat untuk menjadi pengawas pemerintahan dalam menjalankan roda kekuasaaan negara, untuk itu, Sabtu, 19 Oktober 2014  BEM Polinela menggelar Seminar Anti Korupsi di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB s.d 11.00 WIB berlangsung interaktif dan semarak.

Tri Heriyanto selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, mengatakan tema seminar kali ini adalah  “Wujudkan Pemimpin Bangsa yang Cerdas, Berkarakter dan Bersih Tanpa Korupsi Menuju Indonesia yang Berkualitas”. Tri juga menambahkan dalam diskusi singkatnya,  bahwa acara ini merupakan realisasi agenda tahunan yang diusung Kementerian Sosial dan Politik BEM Polinela. Selain dihadiri para tamu undangan, dari PTN dan PTS Provinsi Lampung, seminar ini juga dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 1, ini disebabkan adanya  keterkaitan seminar tersebut  dengan mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi.
Pemateri handal yang  dihadirkan dalam acara yang berlangsung selama 3 jam ini, antara lain:
•    Ir. Hi. Yandri Nazir, M.M (AnggotaDPRD Lampung)
•    Drs. Hi. Hery Suliyanto,M.M (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung)
•    Ahmad Effendy (Perwakilan KPK RI Pusat)
•    Komunitas Anti Korupsi Lampung

Dalam kesempatan yang baik itu, Pak Hery, sapaan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, mengatakan bahwa pemberantasan korupsi harus dimulai sejak dini, yaitu dimulai dari keluarga, sehingga apabila dari kecil sudah ditanamkan rasa anti korupsi, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan bebas dari korupsi.
Selain pemaparan materi anti korupsi bagi mahasiswa, disela-sela acara,  BEM Polinela melantik relawan Sahabat Integeritas (Siger Polinela) yang merupakan komunitas anti korupsi di kampus Politeknik Negeri Lampung.

Masih dalam hari yang sama diselenggarakan pula Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiwa Tingkat Dasar (LKMM-TD) yang dimulai  pukul 13.00 WIB di gedung QB1. LKMM-TD tahun ini mengusung tema “Terciptanya Generasi Penerus Bangsa yang Cerdas dan Berideologi Pancasila.” Acara ini dihadiri oleh seluruh staff muda BEM Polinela, perwakilan UKM dan HMJ Polinela, perwakilan UKM dan HMJ Polinela BEM Unila, BEM STKIP Bandar Lampung dan UM Lampung. Tujuan diadakan  LKMM-TD ini, diantaranya untuk melatih jiwa kepemimpinan dan sebagai bekal bagi mahasiwa jika nantinya mengemban amanah sebagai pengurus di kampus ataupun ormawa masing-masing, pungkas Andi Wijaya selaku Ketua Pelaksana. Tidak kalah menariknya dengan seminar yang telah lebih dahulu dilaksanakan, dalam LKMM-TD ini pemateri yang dihadirkan diantaranya yaitu :

  • Dr. Fithra Faisal Hastiadi, S.E.,M.S.E., M.A (Mantan Sekjen PPI   Jepang             dan Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fak. Ekomomi UI)
  • H. Dedi Afrizal, S.Kep (Ketua DPRD Provinsi Lampung)
  • Aktivis

Andi juga menjelaskan yang menjadi materi pada LKMM-TD antara lain:

1. Focus Grup Disscusion (FGD)
2. Teknik lobi 
3. Teknik sidang
4. Manajemen diri dan organisasi
5. Pergerakan mahasiswa
6. Manajemen aksi

Untuk itu demi menjaga kebersamaan dan loyalitas mahasiswa, panitia menyarankan peserta LKMM-TD untuk bermalam di kampus Politeknik Negeri Lampung dan melanjutkan acara-acara berikutnya esok pagi.

Acara dikemas menarik, sehingga tidak ada kebosanan pada mahasiswa meskipun rangkaian acara ini resmi  ditutup pada hari Minggu (19/10) pukul 17.00 WIB.
Pungkas Sarjono yang merupakan panitia LKMM-TD 2014 berujar, “berawal dari acara ini kami berharap muncul generasi-generasi penerus masa depan Indonesia yang bukan hanya sekedar menjadi generasi penerus, tetapi juga sebagai generasi pelurus.”



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung