Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa, Tingkatkan Kualitas Kreatifitas Mahasiswa Polinela

Polinela-Mahasiswa sebagai roda penggerak pembangunan, tentu dituntut untuk terus berinovasi dalam menghadirkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, dalam koridor peningkatan  kreativitas mahasiswa dalam berkarya, UPT Produksi dan Jasa mengadakan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). 

Pelatihan yang diadakan dengan tujuan agar ada progress dalam pembuatan proposal mahasiswa itu dilaksanakan selama 2 hari (13-14/09), dengan narasumber Guru Besar ITB Prof. Dr. rer. Nat Sundani Nurono Soewandhi. Sebanyak 120 peserta dari berbagai prodi yang ada di Polinela dan calon dosen pembimbing PKM mengikuti pelatihan yang diadakan UPT Produksi dan Jasa tersebut.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB  tersebut dibuka langsung oleh Pembantu Direktur III Polinela, Ir. Bambang Utoyo, M.P. Dalam sambutannya Bambang mengatakan, “Pelatihan PKM merupakan salah satu upaya Polinela meningkatkan penalaran mahasiswa". Setiap tahun, Polinela mengadakan Pelatihan PKM, hanya berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini menghadirkan pemateri yang sudah teruji kepakarannya dalam membimbing mahasiswa dalam pembuatan proposal. Beliau juga berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, semoga ditahun mendatang mahasiswa Polinela dapat berperan aktif  dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Ketua pelaksana kegiatan, Ir. Hamdani, M.Si, mengatakan, “tahun 2013 ada 50 proposal yang diajukan, dan yang terealisasi 14 proposal yang disetujui karena memenuhi persyaratan, untuk tahun ini ditargetkan 100 proposal yang akan diajukan, dengan harapan akan ada minimal 30 proposal yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2015. Kami inginkan dari hasil pelatihan ini akan ada proposal PKM yang berkualitas dari mahasiswa dan memiliki dampak ke masyarakat,” harapnya.
Pelatihan PKM ini dikemas dalam 2 hari, dimana pada hari I terbagi dalam 3 sesi, yang secara  general diisi oleh Prof. Dr. rer. Nat Sundani Nurono Soewandhi. Secara eksplisit, beliau mengatakan kreatifitas merupakan perpaduan antara pikiran, perasaan dan keterampilan.  Pikiran terdiri dari persepsi, imajinasi, dan nalar. Sedangkan perasaan terdiri atas emosi, harmoni dan estetika. Sehingga menurut beliau dapat disimpulkan bahwa keterampilan merupakan pengejawantahan dari bakat, pengalaman, dan faal tubuh.
Hari ke II pelatihan diisi dengan bimbingan dan konsultasi penulisan proposal PKM dan mekanisme pengusulan PKM di Polinela. Berbagai pihak berharap, di masa mendatang pelatihan semacam ini dapat dijadikan agenda rutin kegiatan, mengingat banyaknya manfaat yang dapat diambil dari acara ini. 

         



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung