Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian 2014 Politeknik Negeri Lampung

Sabtu, 24 Mei 2014 diselenggarakan kegiatan Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian, dengan tema makalah “Aplikasi Teknologi Nano untuk Bidang Pertanian dan Pangan”. Seminar ini melibatkan pemakalah antara lain Prof. Dr. Eng. Khairurrijal dari Institut Teknologi Bandung dan Prof.  Risfaheri, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung.

Dalam makalahnya, Prof. Dr. Eng. Khairurrijal dari Institut Teknologi Bandung memaparkan tentang aplikasi  teknologi nano untuk bidang pertanian antara lain dalam bentuk pengembangan pestisida baru yang  bersifat slow release serta sensor-sensor untuk memantau kondisi tanah.

Adapun di bidang pangan, aplikasi teknologi nano antara lain digunakan pada pengembangan kemasan proteksi UV dan kemasan antimikrobial untuk memperpanjang masa simpan bahan pangan.  Pemakalah utama lainnya adalah Prof.  Risfaheri, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung, yang menyampaikan makalah dengan judul “Peran Penelitian Pertanian untuk Mendukung Pengembangan Teknologi Pertanian”.  Pada kegiatan seminar ini, Prof.  Risfaheri menyajikan bebagai peranan dan aplikasi teknologi terhadap peningkatan produktivitas, efiensi, dan peningkatan nilai tambah berbagai komoditas pertanian. 

Kegiatan Seminar Nasional ini diikuti peserta sebanyak 120 orang, yang terdiri dari pemakalah, peneliti dan peserta, yang terdiri kalangan mahasiswa, akademisi dari seluruh Indonesia. Peserta akademisi diantaranya berasal dari  Univesitas Padjadjaran dan Insitut Pertanian Bogor, sedang peneliti berasal dari Balai Penelitian Tanaman Obat dan Rempah Bogor, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bangka Belitung.     

Ketua Pelaksana, Ir. Beni Hidayat, M.Si, mengatakan bahwa, dengan adanya antusiasme  berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang cukup tinggi, kegiatan  Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian ini direncanakan akan dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

   
 




State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung