Manajemen Informatika

Manajemen Informatika

Tentang Manajemen Informatika

Disiplin ilmu Manajemen Informatika memiliki cakupan yang dimulai dari konsep keilmuan hingga pengembangan dalam bidang teknologi informasi, pemrograman dan desain. Kompetensi profesional secara keilmuan dapat dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut: (1). Kemampuan mendesain dan melakukan pemrograman sehingga terbentuk aplikasi yang tepat guna. (2). Kemampuan memikirkan atau merencanakan pendekatan proses dengan secara komputerisasi dengan memanfaatkan komputer sebagai media penghubung data, sumber daya manusia dan jaringan. (3). Kemampuan mengembangkan suatu aplikasi dengan disesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru sehingga dapat diterapkan sehingga memberikan performansi lebih baik. Disiplin ilmu ini menawarkan dasar keilmuan secara komprehensi yang memungkinkan para lulusan untuk memiliki kemampuan beradaptasi terhadap konsep/ide dan teknologi informasi baru. Tuntutan zaman yang harus mengenal dunia komputer membuat banyak perusahaan yang memerlukan ahli-ahli teknologi informasi dan pemrograman.

Diskripsi Manajemen Informatika

Program Studi (PS) Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung (Polinela) merupakan salah satu program studi jenjang Diploma Tiga (DIII) di bawah jurusan Ekonomi dan Bisnis yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor 2691/D/T/2006, saat ini program studi manajemen informatika memiliki akreditasi B berdasarkan surat keputusan BAN-PT No. 415/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/X/2014.

Masa Studi dan Sistem Kredit Semester

Untuk dapat menyelesaikan pendidikan vokasi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung, peserta didik wajib mengambil 114 SKS (Sistem Kredit Semester (paket)) yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun atau 6 (enam) semester.

Gelar Akademik

Setelah menyelesaikan seluruh program pendidikan program studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung, Lulusan akan mendapatkan gelar akademik Ahli Madya (A.Md.).

Visi

Menjadi pusat penghasil insan profesional ahli madya terapan di bidang teknologi informasi yang mampu bersaing di era globalisasi di tingkat nasional

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dibidang teknologi informasi yang berorientasi pada ahlak mulia, terampil, disiplin, mandiri dan kompetetif.
  2. Melaksanakan penelitian terapan dibidang teknologi informasi untuk menopang pendidikan dan transfer IPTEK guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Menguatkan kurikulum berbasis kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi.
  4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama berkelanjutan dengan stakeholder dalam rangka peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Mengembangkan organisasi yang sehat dengan manajemen yang transparan.

Tujuan Program Studi

Tujuan pendirian Program Studi Manajemen Informatika adalah menghasilkan lulusan Ahli Madya (Amd) Komputer yang mampu :

  1. Merancang, mengembangkan dan mengelola sistem basis data.
  2. Merancang, mengembangkan dan mengelola perangkat lunak komputer.
  3. Merancang, mengembangkan dan mengelola sistem informasi berbasis website.
  4. Merencanakan dan menerapkan konsep bisnis berbasis teknologi informasi untuk tujuan wirausaha.
  5. Beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi

Sasaran Program Studi

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Manajemen Informatika lulusan PS Manajemen Informatika yang memiliki kompetensi sebagai:

  1. Menghasilkan lulusan profesional terapan dibidang teknologi informasi dan komputer yang mampu bekerja pada posisi Programmer sistem informasi
  2. Menghasilkan lulusan profesional terapan dibidang teknologi informasi dan komputer yang mampu bekerja pada posisi Administrator Web
  3. Menghasilkan lulusan profesional terapan dibidang teknologi informasi dan komputer yang mampu bekerja pada posisi IT Support
  4. Menghasilkan lulusan profesional terapan dibidang teknologi informasi dan komputer yang mampu bekerja pada posisiWirausahawandi bidang teknologi informasi

Kompetensi dan Profesi Lulusan

Kompetensi dan profesi lulusan dibagi sesuai dengan kebutuhan stakeholder yaitu: 1). Instansi Pemerintah; 2). Perusahaan; dan 3). Wirausahawan; Sasaran profesi/pekerjaan untuk lulusan Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung meliputi :

  1. Ahli Madya Komputer - Programmer
    1. Mampu memahami hasil rancangan analisa sistem informasi, yang dibuat oleh information sistem analyst.
    2. Mampu membuat aplikasi sistem informasi berbasis desktop dan web sesuai dengan kebutuhan stakeholder pengguna sistem informasi.
    3. Mampu mengelola dan memelihara (back up / restore) aplikasi sistem informasi untuk menjaga performance aplikasi sistem informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
    4. Mampu mempersiapkan, mengelola DBMS (Database Management System)untuk mendukung aplikasi sistem informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  2. Ahli Madya Komputer - Administrator Web
    1. Mampu mengelola web hosting, konten web, domain web dan migrasiaplikasi sistem informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  3. Ahli Madya Komputer - IT Support
    1. Mampu mempersiapkan hardware dan sistem operasi untuk keperluan sistem komputer pendukung aplikasi sistem informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
    2. Mampu mempersiapkan perangkat jaringan komputer untuk mendukung aplikasi sistem informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder
    3. Mampu menerapkan standar keamanan minimum pada aplikasi sistem informasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
    4. Mampu melakukan migrasi aplikasi sistem informasi ke teknologi baru.
  4. Ahli Madya Komputer – Wirausahawan di bidang teknologi informasi
    1. Mampu mempromosikan, menjual produk aplikasi sistem informasi yang dibangun


State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung