Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur undangan Politeknik Negeri Se-Indonesia

Politeknik Negeri Se-Indonesia akan melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur undangan atau yang disebut Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri secara nasiona (PMDK-PN).

Hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan rapat Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indoensia Pada Tanggal 9-10 Desember 2013 Di Jakarta Baru-Baru Ini, Serta Hasil Rapat Forum Wakil Direktur bidang Akademik bersama tim IT (Information Technology) dan Humas Politeknik pada tanggal 19-20 Desember di Surabaya. Dengan adanya sistem PMDK-PN Nasional yang akan dilakukan secara online, diharapkan dapat mempermudah calon peserta untuk mendaftar di Politeknik Negeri pilihannya di seluruh Indonesia tanpa harus mengunjungi lokasi Politeknik yang bersangkutan. Perlu kami sampaikan bahwa saat ini sudah ada 38 Politeknik Negeri yang tersebar mulai dari wilayah utara sumatera hingga fak-fak, Irian Jaya.

Jalur PMDK-PN ini merupakan pengganti jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMP) yang selama ini sudah dikenal oleh masyarakat.

Dengan sistem ini calon peserta dapat memilih 2 (dua) Politeknik berbeda yang mereka inginkan dengan maksimum pilihan 3 (tiga) program studi, Jika tidak ada kendala, aplikasi PMDK-PN sendiri akan diresmikan (Launching) di akhir bulan Januari 2014), sedangkan Penyebaran User Name dan Password untuk Sekolah akan dilakukna pada awal bulan Pebruari hingga Maret 2014. jadwal selengkapnya akan kami informasikan lebih lanjut.

Secara umum, prosedur pendaftaran jalur PMDK-PN, tidak berbeda jauh dengan prosedur SNMPTN. Untuk mendaftar di jalur PMDK-PN ini, masyarakat bisa mengakses melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan user name dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah, lalu sekolah akan mendaftarkan siswa terbaiknya ke dalam system/aplikasi, setelah itu, setiap siswa juga akan diberikan user name dan password untuk melakukan verifikasi data.

Siswa harus memeriksa dan mengunggah data yang belum diisi oleh pihak sekolah. Pihak sekolah dan siswa/calon peserta agar memastikan bahwa data/informasi yang disampaikan sudah benar.

Pengisian data/informasi ke dalam system penerimaan PMDK-PN ini diharapkan betul-betul penuh kejujuran dan tidak bersifat manipulative. jika terindikasi, baik pihak sekolah maupun siswa calon peserta melakukan tindakan kecurangan dalam pengisian data, maka panitia akan memberikan sangsi, dengan sangsi terberat berupa pembatalan proses dari sekolah/siswa calon peserta tersebut sebagai peserta PMDK-PN tahun 2014 dan bahkan ada kemungkinan bahwa sekolah tersebut akan di black list dari daftar sekolah yang dapat mengikuti proses PMB PMDK-PN tahun-tahun berikutnya.

Berdasarkan ketetapan Kemendikbud, maka daya tampung untuk jalur undangan (PMDK-PN) sebanyak 60% dari daya tampung masing-masing program studi.

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan Lalu
Jumlah
644
622
5073
131718
18323
20336
145102
IP Anda : 50.17.21.7
Server Time: 21-08-2014 12:04:42