Orasi Ilmiah: Implementasi Teknologi Informasi di Politeknik Negeri Lampung

Headline “Implementasi Teknologi Informasi di Politeknik Negeri Lampung” merupakan konten utama orasi ilmiah dengan judul “Tatakelola Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi “ yang disampaikan oleh Bapak Eko Win Kenali, S.Kom., M.Cs. dalam acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke 33 Politeknik Negeri Lampung.

Pemaparan konten orasi ilmiah diawali dengan penyampaian permasalahan-permasalahan yang nyata terjadi dan dialami oleh banyak perguruan tinggi dalam memanfaatkan dan mengimplementasikan teknologi informasi. Sepintas terlihat bahwa usaha pemanfaatan teknologi informasi di perguruan tinggi telah dilakukan dengan intensitas yang cukup tinggi, dengan tingkat penetrasi yang cukup dalam. Satu hal yang terlihat jelas adalah banyak pemanfaatan teknologi informasi yang hanya menyentuh permukaan saja, tidak sampai pada substansi sasaran yang sebenarnya.

Kemudian pemaparan dilanjutkan dengan penyampaian konsep dan prinsip yang dapat diadopsi untuk membangun sebuah tatakelola teknologi informasi diperguruan tinggi yang baik dalam konteks korporasi, holistik dan terpadu yang selaras dengan tujuan dan sasaran perguruan tinggi. 

Beliau menambahkan, bahwa tatakelola teknologi informasi dilihat sebagai  jembatan yang menyampaikan pada tujuan dan sasaran. Pengaturan-pengaturan yang berhubungan dengan teknologi informasi harus diselaraskan dengan perangkat organisasi yang ada dan tujuan/sasaran yang ingin dicapai. Pengorganisasian teknologi informasi harus menjadi bagian dari perangkat organisasi perguruan tinggi. Perilaku, budaya, dan kebiasaan yang mendukung dalam bekerja dengan teknologi informasi harus ditumbuhkan dan diinternalisasikan. Teknologi informasi menjadi indikator keberhasilan pencapaian sasaran perguruan tinggi, artinya capaian-capaian harus bisa diukur, dimonitor, dan dievaluasi menuruti prinsip-prinsip akuntabilitas.

Eko Win Kenali, S.Kom., M.Cs., yang saat ini menjabat Kepala Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pusat Komputer (PUSKOM), selanjutnya menyajikan apa dan bagaimana teknologi informasi dibangun di Politeknik Negeri Lampung dalam format diagram blok pengembangan teknologi informasi terpadu. Pengembangan teknologi informasi di Politeknik Negeri Lampung yang disajikan dikemas dalam sebuah blok diagram pengembangan teknologi informasi terpadu. Menurutnya hasil pengembangan teknologi informasi tersebut adalah seluruh layanan teknologi informasi yang berhasil diimplementasikan pada tahun ke 3 (tiga) yang diturunkan dari dokumen cetak biru (blurprint) teknologi informasi UPT. PUSKOM periode 2014-2020. Menurut beliau, masih ada sisa waktu 3 (tiga) tahun lagi untuk mewujudkan teknologi informasi terpadu sesuai target dalam cetak biru pengembangan teknologi informasi tersebut.

Di akhir orasinya, beliau menyampaikan kesimpulan, bahwa terlepas dari prinsip tatakelola dan arsitektur teknologi informasi apa yang dikembangkan. Tatakelola teknologi informasi pada sebuah perguruan tinggi hanya bisa diwujudkan jika semua aturan standar pemanfaatan teknologi informasi yang dibuat dipahami, dikomunikasikan dan dilaksanakan oleh segenap komponen atau unsur organisasi, secara holistik dan terpadu yang selaras dengan tujuan dan sasaran perguruan tinggi.



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung